Bulan Ramadhan Bulan yang Istimewa

Allah SWT dalam penciptaan langit dan bumi tak ada yang sia-sia. Seluruh ciptaan-Nya diwajibkan untuk tunduk dalam perintah maupun larangan-Nya. Begitupun kita sebagai manusia dan makhluk sempurna yang Allah ciptakan di alam semesta ini tentu kita wajib mentaati perintah maupun larangan-Nya. Salah satu perintah Allah yang wajib dan merupakan rukun islam yang ke-4 yaitu berpuasa dibulan Ramadhan. Allah ta’ala berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan kepada kalian untuk berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (Qs. Al-Baqarah [2]: 183)

    Ayat ini berisi perintah untuk menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal lainnya yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

    Orang-orang yang beriman sangat menantikan bulan Ramadhan, bahkan salah satu sahabat Rasulullah SAW pernah berkata “Andai saja semua bulan itu bulan Ramadhan.”, hal ini menguatkan bahwa bulan Ramadhan begitu dinantikan oleh orang-orang yang beriman dan merupakan bulan yang paling utama diantara bulan lainnya. Karena pada bulan Ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia. Allah ta’ala berfirman,

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Qs. Al-Baqarah [2]: 185)

    Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan, dan keutamaan berpuasa dibulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan puasa menjadi kewajiban dan jika kita tak berpuasa karena sakit atau dalam perjalanan maka kita wajib menggantinya pada hari-hari lain. Allah memberikan kemudahan kepada kita dalam mengaggungkan Allah.

    Maha suci Allah dengan segala kebesarannya, Allah memerintahkan kita berpuasa dibulan Ramadhan namun Allah tak memberatkan kita pula untuk berpuasa jika kita tak mampu untuk berpuasa.

    Kembali lagi pada pernyataan tiada yang sia-sia yang diciptakan maupun diperintahkan Allah. Puasa memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kita bagi rohani, jasmani, maupun spiritual. Untuk rohani, berpuasa bermanfaat sebagai obat hati karena dengan berpuasa kita mendapatkan ketenangan dalam hidup dan juga karena berpuasa menahan hawa nafsu. Dengan menahan hawa nafsu kita lebih mampu bersikap dewasa terhadap sesuatu dengan bersabar. Salah satu ketenangan hidup yang diakibatkan karena kita berpuasa pada bulan Ramadhan yaitu, timbul rasa syukur yang begitu dalam jika kita berpuasa dengan benar. Karena pada hakikatnya, berpuasa pada bulan Ramadhan merupakan tindakan kita untuk acuh terhadap sesama kita terlebih kepada orang yang fakir dan miskin. Dengan berpuasa kita merasakan apa yang orang fakir dan miskin rasakan. Oleh karena itu dengan kita berpuasa dibulan Ramadhan kita pun belajar terhadap kerasnya dunia dan membiasakan diri terhadap kondisi orang yang fakir maupun miskin dan hal ini yang membuat kita tenang dalam hidup, karena kita tak akan takut terhadap kehabisan harta.

    Berpuasa dapat menumbuhkan sikap disiplin pada diri kita, hal ini didapat ketika kita dibiasakan bersahur sebelum fajar dan berbuka ketika fajar tenggelam. Hal lainnya yang mempengaruhi rohani kita yaitu memiliki hati yang bersih dan lembut, karena jika perut kita dalam keadaan kekenyangan akan sulit berpikir jernih yang membuat hati kita bersih serta lembut.

    Manfaat berikutnya adalah manfaat terhadap jasmani kita. Dengan berpuasa dibulan Ramadhan, tubuh kita selama satu bulan penuh mendapatkan haknya dengan beristirahat. Tubuh kita pun perlu untuk beristirahat. Salah satu manfaat dari tubuh yang beristirahat yaitu alat pencernaan. Dengan berpuasa kita menjadi sedikit makan, dan dengan sedikit makan alat pencernaan kita beristirahat, sehingga sisa makanan yang berbahaya untuk tubuh dapat dihancurkan, membersihkan usus dan juga mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh.

    Puasa merupakan terapi detoksifikasi atau pembersihan racun dari dalam tubuh. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Dengan berpuasa pula tubuh kita memperbaiki fungsi hormon dan meningkatkan fungsi organ serta mendorong pergantian sel-sel tubuh yang rusak (peremajaan).

    Terakhir, dengan berpuasa kita lebih mendekatkan diri kepada Allah. Lebih bersyukur dengan apa yang Allah beri kepada kita. Dibulan Ramadhan terdapat malam Laylatul Qadr yang merupakan puncak dari bulan Ramadhan. Pada malam itulah sedekat-dekatnya kita kepada Allah. Allah akan turun langsung ke dunia untuk melihat orang-orang yang beriman tatkala beribadah dibulan Ramadhan. Dengan itu, orang-orang muslim semakin meningkatkan diri untuk bertakwa kepada Allah dan juga meningkatkan kualitas ibadahnya terhadap ajaran Islam untuk mencapai ridha Allah SWT.

    Untuk itu, kita sebagai umat muslim wajib untuk melakukan puasa dibulan Ramadhan bulan yang amat agung jika dibandingkan dengan bulan yang lain dan juga karena dengan berpuasa dibulan Ramadhan kita mendapatkan begitu banyak manfaat untuk rohani, jasmani, dan spiritual kita. (IA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s