Acuh Sebagian dari Kepedulian atau Cuek ?

“Ku acuhkan kau, namun kau tetap tak acuhkan diriku.”

Mungkin sebagian dari kalian mengartikan kalimat tersebut seperti ini “Ku cuekkan kamu, namun kamu masih peduli sama aku.” Padahal dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata acuh berarti peduli, itu berarti tak acuh berarti tidak peduli atau cuek. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Mungkin hal tersebut dikarenakan semua guru di Indonesia (mungkin) setiap mengajarkan kepada murid-muridnya bahwa acuh tak acuh itu berarti cuek. Tentu ini menjadi hal yang ironis. Faktanya dari survey yang saya lakukan mengenai kata acuh, semua yang saya tanya mengartikan kata acuh adalah cuek. Hal yang membuat saya bersedih lagi ialah ketika salah satu grup band di Indonesia, D’massiv dalam judul lagu Cinta Ini Membunuhku dalam reffnya terdapat kesalahan pula dalam kata acuh tak acuh itu.

“Kau acuhkan aku dengan sikapmu,

tak sadarkah kau telah menyakitiku…”

Kalau kita artikan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, untuk apa dia sakit harusnya dia yang sadar karena dirinya sudah peduli (acuh) kepada dia tapi dia malah sakit karena dirinya menacuhkan dia. Jelas kesalahan yang sedikit ini membuat sebuah makna menjadi jauh dari yang diharapkan sebenarnya.

Kita sebagai bangsa Indonesia, jika kita mengaku berbangsa Indonesia haruslah kita mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar agar hal-hal sepele yang dikarenakan bahasa tersebut tidak terjadi lagi di Indonesia ini, dan karena bahasa adalah hal yang dapat menentukan sikap kita pada seseorang.

Jika kalian ingin mengetahui banyak dan arti kata di dalam bahasa Indonesia, klik link ini untuk mendownload software Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) offline.

KBBI offline 1.3 – 4Shared

KBBI offline 1.3 – Mediafire

-ia.sp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s