JENIS – JENIS EMAIL

Terdapat 3 jenis layanan email, yaitu :

  1. POP Mail
  2. Web Based Mail
  3. Email Forwarding

Masing-masing dari ke-3 jenis email tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut adalah penjelasan masing-masing dari ke-3 jenis email tersebut :

  1. POP Mail

Email jenis ini sama dengan Email yang anda terima dari ISP anda (Bagi anda yang connect internet dari rumah atau kantor)

  • Kelebihan :

Kelebihan utama dari Email jenis POP Mail adalah bisa di baca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk cara mengecek email kita perlu connect ke server Pop Mail anda, kemudian mendownload semua email yang ada. Setelah itu kita bisa memutuskan connect ke server kemudian membaca email yang sudah di download tadi. Dan jika sudah siap hendak membalas email yang kita terima tersebut, kita bisa conect lagi ke internet baru kemudian kirim email kita. Untuk itu semua kita perlu menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlock Express.

  • Kekurangan :

Kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak bisa membukanya di sembarang tempat.

  1. Web Based email

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs penyedia layanan email atau biasa disebut WebMail, misal Gmail, Yahoo, Hotmail, dll.

  • Kelebihan :

Kita bisa mengecek email kita dari mana saja dan dengan browser apasaja (contoh; Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dll)

  • Kekurangan :

Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecekemail kita harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi  yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).

  1. Email Forwarding

Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi kita yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email kita yang lain.

  • Kelebihan :

Kita bisa menyembunyikan alamat email kita yang sesungguhnya. Selain itu kita juga tidak perlu memberi tahu email kita yang baru (untuk yang sering gonta-ganti email). Yang kita berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

  • Kekurangan :

Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s